JEMBATAN BARELANG IKON DAN KEBANGGAN KOTA BATAM

Batam, Rempang dan Galang ini adalah 3 pulau besar yang terhubung dengan jembatan ini. Selain menghubungkan 3 pulau tersebut , jembatan Jembatan Barelang juga menghubungkan Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Galang Baru dan beberapa pulau kecil di sekitarnya yang masuk dalam gugusan Kepulauan Riau. Adalah Bapak B.J.Habibie yang merupakan pemprakarsa dibangunnya jembatan ini. Beliau yang pada saat itu menjabat sebagai menristek RI (menteri negara riset dan teknologi) mengusulkan untuk membangun jembatan ini untuk mempermudah akses perekonomian pulau –pulau tersebut.

 

JEMBATAN BARELANG IKON DAN KEBANGGAN KOTA BATAM

 

Pulau Batam memang dikenal sebagai kawasan industri yang maju, mungkin karena letaknya yang cukup strategis berdekatan dengan negara tetangga, Singapura dan Malaysia. Maka pada tahun 1992,dibangunlah jembatan Barelang ini dengan menghabiskan biaya lebih dari 400milyar. Jembatan yang selesai dibangun tahun 1998 ini memiliki panjang kurang lebih 2.264 meter dan terbagi menjadi 6 jembatan kokoh nan megah.

 

Jembatan ini diberi nama sesuai dengan nama raja-raja yang pernah berkuasa pada zaman kerajaan Melayu Riau pada abad 15 – 18 Masehi ,seperti berikut :

 

        Salah satu jembatan yang dapat kita lihat pada saat awal adalah Jembatan Tengku Fisabilillah. Jembatan yang tidak asing ditelinga warga. Jembatan ini merupakan penyatu antara Pulau Batam dengan Pulau Tonton. Menurut beberapa informasi yang kami terima struktur dan model jembatan ini serupa dengan golden gate-nya San Fransisco USA.

        Jembatan lain yang ada bernama Jembatan Narasinga yang merupakan penghubung Pulau Tonton dengan Pulau Nipah, bentuk dari jembatan ini rata dan lurus dan merupakan jembatan yang indah dan kekar sama seperti jembatan – jembatan yang lainnya.

        Jembatan yang berfungsi sama yaitu sebahai penghubung antar pulau adalah Jembatan Ali Haji yakni sebagai penghubung Pulau Nipah dengan Pulau Setokok.

 

Pemerintah Batam sendiri mulai meningkatkan pembangunan infra struktur di sekitar Jembatan Barelang guna menarik wisatawan dan mengembangkan daerah tersebut menjadi kawasan pariwisata. Hal ini terbukti pada tanggal 16-12-2012 berbarengan dengan diadakan nya event pariwisata Tour De Barelang,Walikota Batam Ahmad Dahlan juga meresmikan penggunaan Plaza Jembatan Barelang sebagai kawasan wisata terpadu yang dilengkapi berbagai macam fasilitas pendukung seperti area parkir ,pusat informasi wisata, mushalla, toilet, area konser berupa panggung, plaza terbuka dan photo corner bagi wisatawan yang berkunjung ke Jembatan Barelang.

 

Wako berharap dengan diresmikannya plaza ini dapat dipergunakan untuk kegiatan kepariwisataan dan nantinya pengunjung dapat lebih nyaman dan senang berwisata ke jembatan Barelang. Jangan lupa,jika anda berkunjung ke Batam,anda harus menyambangi jembatan yang menjadi ikonik warga Batam ini.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama